Rahasia Ciri Khas Burung Kenari Merah Paling Menakjubkan
Kenari

Ciri Khas Burung Kenari Merah Paling Menakjubkan

Ciri Khas Burung Kenari Merah – Jika anda memang pecinta burung dan berminat untuk memelihara burung kicauan seperti burung kenari, mungkin anda perlu mencoba untuk memelihahara burung kenari merah.

Burung kenari merah yang juga dikenal sebagai Canary Red Factor merupakan salah satu dari sekian jenis dari ariasi burung kenari yang paling digemari oleh kicau mania di dunia.

Burung kenari merah merupakan burung yang sangat cocok untuk dipelihara bagi anda ang menyukai keindahan bulu burung, karena burung kenari jenis ini memiliki warna yang sangat cantik dan menawan.

Burung jenis ini merupakan jenis burung yang memiliki ketahanan serta mudah untuk dipelihara.

Akan tetapi, untuk merawat burung kenari bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk diternak, dibutuhkan kehlian serta ketelatenan khusus serta pengalaman dalam hal merawat burung.

Julukan burung kenari merah sebagai burung Color Canary memang bukan hanya isapan jempol semata, karena keindahan warnanya yang eksotis  memang sangat menarik serta menyejukkan mata orang yang melihat.

Keberadaan burung kenari merah merupakan burung kenari jenis baru, karena keberadaan burung kenari merah sendiri baru diternakkan pada pertengahan tahun 1900-an.

dan untuk saat ini sudah banyak sekali variasi dari burung kenari merah sendiri.

Beternak Red Factor Canary

Jika dilihat dari sejarah keberadaan penangkaran burung kenari ternyata memiliki cerita yang sangat panjang, karena peternakan burung kenari sudah ada beberapa abad yang lalu.

Meskipun  tujuan pertama dalam beternak adalah untuk memperoleh jenis kenari khusus.

Misalnya seperti burung kenari jenis yorkshire, Kenari  F1, F2 dan masih banyak lagi jenis burung kenari yang menjadi kefokusan bagi para breeder untuk beternak burung kenari .

Namun, untuk saat ini sudah banyak para peternak yang membudidayakan burung kenari untuk mendapatkan warna yang indah sebagai daya tarik utamanya .

Seorang ahli dari bidang genetika mengatakan, jika burung kenari merah dapat dikembangkan lagi dengan mengenalkan sebuah red factor atau faktor warna merah dalam struktur genetiknya.

Hal yang demikian, dapat dilakukan melalui salah satu dari jenis burung kenari yaitu jenis burung spinus cocolatus dari daerah venezuela .

Kemudian setelah itu, tahapan selanjutnya adalah pengembangkan burung kenari yang dinamakan dengan red factor bisa dimulai .

Keberhasilan dalam menangkarkan burung kenari yang menghasilkan jenis burung kenari merah dikerjakan oleh AK. Gill yang merupakan seorang ilmuwan dari negara inggris.

Kemudian para peneliti lainnya sepakat jika burung kenari yang dihasilkan tersebut dapat mewariskan dan berwarna merah yang dinamai “kenari red factor” dari induknya.

Di dalam waktu yang bersamaan terdapat pula jenis kenari yang memiliki warna lain selain kenari merah  Kepada masyarakat dengan variasi warna Warna yang baru.

Ciri-Ciri Burung Kenari Merah ( Kenari Red Factor)

Burung kenari merah memiliki ukuran panjang yang hampir sama dengan jenis burung kenari lainnya, yaitu kurang lebih sekitar 5,5 inci atau sekitar 14 cm .

Kenari jenis merah ini dapat menghasilkan anakan yang memiliki warna identik dan sama dengan warna kedua induknya.

Sehingga bukan suatu hal yang mengherankan apabila akhirnya terdapat banyak sekali jenis burung kenari dengan variasi warna merah yang berbeda yang terdapat di berbagai belahan dunia lainnya.

1. Perawatan Dan Pemberian Pakan

Secara alamiah burung kenari lebih suka ditempatkan pada kandang yang luas.

Maka dari itu bagi anda yang ingin memelihara burung kenari jenis ini janganlah menempatkan burung kenari pada sangkar yang memiliki ukuran sempit.

Agar burung kenari lebih nyaman lagi untuk tinggal di dalam kandang maka siapkanlah beberapa tangkringan sebagai pijakan kaki dengan ketinggian yang beraneka ragam.

Karena burung kenari pada umumnya lebih suka tidur atau beristirahat pada tangkringan yang memiliki ukuran yang lebih tinggi.

Sama halnya dengan burung kicauan jenis lainnya, burung kenari juga gemar untuk membersihkan diri atau mandi, sehingga  sebaiknya disediakan tempat air yang khusus digunakan untuk mandi burung kenari.

Untuk menjaga kesehatan burung kenari sebaiknya kita juga memperhatikan kebersihan sangkar dengan cara membersihkan sangkar burung kenari secara rutin.

Kita juga dapat memotong kuku burung kenari yang telah mulai panjang agar tidak menyimpan kotoran yang terselip di antara celah kuku burung kenari tersebut.

Makanan pokok burung kenari merah adalah kenari seed serta rape seed.

Pemberian pakan yang mengandung vitamin juga sebaiknya diberikan secara rutin dan berkala.

Selain itu  pemberian makan berupa sayuran hijau setiap hari juga  bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta pencernaan burung kenari.

Untuk menjaga menjaga pigmen merah pada semua jenis burung kenari merah dapat didapatkan dari kandungan vitamin yang terdapat pada makanan mereka.

Sedangkan untuk burung kenari yang berwarna red siskin, juga dikarenakan oleh apa yang mereka makan di alam liar.

Sehingga  pakan baik bagi burung red factor juga perlu dijaga untuk mempercantik warna bulu burung tersebut.

2. Makanan Terbaik Burung Kenari Merah

Burung kenari merah membutuhkan makanan khusus agar dapat memproduksi serta menambah intensitas warna bulu burung kenari agar tetap indah.

Makanan yang baik bagi burung kenari merah bisa berupa ubi jalar, tomat, labu, serta ,buah ceri, atau jenis sayuran dan buah apapun yang memiliki kandungan Kaetonoid yang dapat meningkatkan intensitas warna bulu burung kenari merah.

Untuk menjaga warna merah pada burung kenari juga dapat ditambahkan makanan seperti cabe rawit ataupun paprika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *