5 Jenis Bahan Untuk Sarang Burung Kenari Paling Efektif
Kenari

Bahan Untuk Sarang Burung Kenari Paling Efektif

Bahan untuk sarang burung kenari – Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak untuk dibudidayakan serta ditangkarkan.

Hal ini dikarenakan, burung kenari memiliki sifat dasar untuk mudah ditangkarkan dan memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik dengan lingkungan baru.

Akan tetapi dalam perawatan burung kenari, baik burung kenari jantan maupun burung kenari betina, kita harus memperhatikan pola perawatan udah benar.

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan burung kenari adalah bahan pembuatan sarang.

Bahan dari sarang yang nantinya akan dibuat untuk menaruh telur burung kenari sangatlah penting untuk keberlangsungan masa pengeraman dan penetasan.

Jenis Bahan Untuk Sarang Burung Kenari

Ada beberapa jenis bahan yang sangat cocok untuk digunakan sebagai sarang ternak burung kenari.

Bahan yang dibuat untuk sarang merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk proses pengeraman serta penetasan.

Disini kami akan mejelaskan tentang 5 jenis bahan untuk sarang burung kenari yang paling cocok digunakan.

5 jenis bahan sarang ini dapat memberikan rasa nyaman serta kehangatan untuk menunjang masa produksi burung kenari kita.

Mau tau apa saja 5 jenis bahan sarang burung kenari yang paling cocok?

Simak disini!

1. Sarang Dari Serat Nanas

Salah satu jenis bahan untuk sarang burung kenari yang cocok sebagai peliharaan kita adalah serat nanas.

Bahan ini sering digunakan oleh para kicau mania khususnya yang ada di Indonesia karena bahannya yang mudah ditemukan.

Selain itu, bahan yang terbuat dari serat nanas terasa lembut dan nyaman untuk perkembangbiakan burung kenari.

Dalam pembuatan sarang yang terbuat dari serat nanas, kita bisa memilih serat nanas yang tidak bertekstur kasar dan juga tidak terlalu lembut.

sebelum menggunakan serat nanas sebagai sarang burng kenari, sebaiknya kita mencucinya terlebih dahulu agar bersih dari kotoran dan nyaman utuk bertelur.

setelah mencuci dengan bersih, pastikan serat tersebut dikeringkan terlebih dahulu, kemudian baru dibenuk menyerupaisarang di alam liar.

2. Sarang Dari Serat Kapas

Pada saat burung kenari di alam liar, mereka sering membuat sarang menggunakan serat kapas yang mereka ambil dari pohon kapas.

Serat kapas dipilih oleh burung kenari sebagai bahan baku pembuatan sarang di alam liar karena memliki tekstur yang halus, dan juga lebih hangat ketika ditempati.

Dari keterangan tersebut, kita da[at meniru dan mengguanakan serat kapas sebagai bahan untuk sarang burung kenari peliharaan kita.

Serat kapas bisa digunakan sebagai bahan tambahan untuk melapisi sarang yang terbuat dari serat goni atau dari serat nanas agar terasa lebih nyaman bagi burung kenari.

3. Serat Sabut Kelapa

Tidak hanya serat nanas dan serat kapas saja yang bisa digunakan sebagai bahan untuk sarang burung kenari.

Tetapi juga serat serabut kelapa yang memiliki tekstur hampir sama dengan serat nanas dapat digunakan sebagai bahan pembuatan sarang.

Perbedaan antara serat sebut kelapa dengan serat lainnya adalah teksturnya yang cenderung lebih kasar namun yang terbuat dari rasa sangat praktis karena banyak ditemukan di pasaran.

Mendapatkan sarang yang terbuat dari sabut kelapa dan penanganan lebih serat kapas atau serat nanas agar sarang burung kenari terasa lebih nyaman.

4. Serat Goni

Bahan pembuatan sarang burung kenari yang sering ditemukan adalah sarang yang terbuat dari serat Goni.

Umumnya, jenis serat goni yang digunakan untuk membuat sarang burung kenari adalah serat karung goni bekas beras atau jagung.

Sebelum menggunakan serat goni dalam membuat bahan untuk sarang burung kenari, sebaiknya karung goni diurai terlebih dahulu kemudian dicuci sampai bersih.

Setelah serat goni tersebut kering bentuklah menyerupai sarang burung kenari yang ada di alam liar.

Bahan dari serat goni juga merupakan jenis bahan baku yang sering digunakan para peternak untuk burung kenari peliharaannya.

5. Rumput Kering

Salah satu jenis bahan baku yang digunakan untuk sarang burung kenari adalah rumput kering.

Di alam liar, selain menggunakan kapas, juga kerap rumput-rumput digunakan sebagai bahan untuk sarang burung kenari yang ditemukan di sekitar habitat mereka.

Bahan baku ini dipilih karena memiliki tekstur yang lentur dan mudah untuk dibentuk menjadi sarang.

Saat ini, para peternak juga kerap menggunakan rumput kering sebagai bahan alternatif untuk pembuatan sarang burung kenari mereka.

Karena, bahan baku dari rumput kering merupakan bahan baku yang paling mudah untuk ditemukan disekitar kita.

Selain beberapa bahan baku diatas yang dapat kita gunakan untuk membuat sarang burung kenari, kita juga dapat menggunakan daun pohon cemara, bulu hewan, serat rambut, dan juga bahan-bahan-bahan lain yang memiliki tekstur menyerupai rambut.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan rasa nyaman serta kelembutan kepada burung kenari dalam melakukan proses bertelur dan pengeraman.

Demikian uraian tentang beberapa bahan yang dapat kita jadikan sebagai bahan sarang burung kenari kesayangan kita.

5 jenis bahan sarang burung kenari yang paling cocok untuk burung kenari kesayangan kita sebenarnya hanya beberapa dari sekian banyak bahan yang bisa kita gunakan untuk pembuatan sarang.

Maka dari itu sangat dianjurkan bagi para peternak dan pembudidaya untuk menggunakan lima jenis mencari burung kenari yang paling cocok tersebut.

Namun, jika para peternak atau pembudidaya ingin bereksperimen dan mencoba hal baru sebagai bahan untuk sarang burung kenari, maka alangkah lebih baiknya jika memperhatikan kan kenyamanan serta kehangatan burung kenari tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *